Menggabungkan Kekuatan PCMAV dengan ClamAV

Menggabungkan Kekuatan PCMAV dengan ClamAV


ClamAV adalah sebuah aplikasi Antivirus yang berlisensi GNU General Public License (GPL), yang tidak berbayar. Jika di Komputer Anda sudah terinstall Anti Virus PCMAV, maka Anda bisa menggabungkan kekuatan keduanya. Bagaimana Caranya? Berikut adalah langkah-langkahnya :
Prosedur penggabungan ClamAV 0.93 sebenarnya hampir sama dengan cara penggabungan untuk ClamAV 0.92x. Yang berbeda hanyalah sumber file library ClamAV saja.

Caranya adalah:

1. Download ClamWin dari:
http://downloads.sourceforge.net/clamwin/clamwin-0.93-setup.exe
Atau, file tersebut juga bisa Anda temukan pada CD/DVD PC Media.

2. Jalankan file tersebut untuk melakukan instalasi. Setelah proses instalasi selesai, masuk ke direktori tempat ClamWin ter-install.Default-nya berada di “C:Program FilesClamWin”.

3. Masuk ke direktori “bin”, dan copy 3 file berikut:
- libclamav.dll
- libclamunrar.dll
- libclamunrar_iface.dll
Dan letakan pada folder tempat PCMAV Cleaner/RTP berada.

4. Selanjutnya, ikuti prosedur nomor 2, “Prosedur penginstalan database virus ClamAV” untuk ClamAV 0.92x di atas. Dan jalankan PCMAV seperti biasa.

CATATAN:
Pastikan sistem operasi Windows Anda menggunakan library MSVCRT80 yang sesuai. Jika tidak, ClamAV tidak akan bisa terintegrasi dengan baik. Jika itu yang terjadi, silakan Anda download file berikut, ekstrak dan tempatkan file-file nya (Microsoft.VC80.CRT.manifest, msvcm80.dll, msvcp80.dll, dan msvcr80.dll) bersamaan dengan file PCMAV dan ClamAV lainnya:
http://oss.netfarm.it/clamav/files/Microsoft.VC80.8.0.50727.762.CRT.x86.7

Sumber: http://www2.telkom.net

0 komentar:

Posting Komentar